cewek harus bisa masak ya?

Kemarin, setelah selesai kuliah hari rabu, aku mampir di warung makan dimana aku biasa makan siang.
Hari itu sekitar jam 3. Ada yang kelihatan berbeda saat itu, yaitu ibu kos ku sedang membeli makanan di warung itu juga.
Masa ketemu ibu kos ga disapa, ya harus disapa dong, hehe.

Saya : Eh, Ibu, lagi beli apa bu?
Ibu kos : Lagi beli jus alpukat sama lauk buat dirumah, febri baru pulang?
Saya : Oooh… Iya saya baru pulang. (ga tau mau ngomong apa lagi, soalnya laper banget :p)
Ibu kos : Saya Hari ini ngga masak, soalnya bapak lagi pergi dan anak-anak juga lagi ngga dirumah.
Saya : Oohh…. (lagi fokus makan, ga ngomong apa-apa lagi :p)

Setelah si ibu membayar semuanya, kemudian si ibu berlalu. Ada hal yang menjadi pikiranku, hari ini ibu ngga masak.
Berarti setiap hari biasanya masak dong, (ya iya lah gimana sih?). Ibu kos ku itu bisa masak, masakannya bisa disebut enak,
kadang kalau keluarganya lagi ngadain acara, kaya arisan, selamatan, atau pengajian, anak-anak kos disuruh menghabiskan makanannya
yang biasanya sisanya banyak. (tapi tetep jadi abis juga, pada kelaperan soalnya).

Kostan ku bangunannya menyatu dengan rumah induk, tetapi ada koridor yang membatasi dan tidak terletak di satu atap. Pokoknya terpisah lah.
Ada dapur terpisah untuk anak-anak kos yang suka masak (menggunakan dapur), paling masak mie, nasigoreng dengan bumbu instan, de el del.
Yah kalo misalnya ada kabogohnya dateng, yang masakin kabogohnya, nah ini biasanya masaknya udah level ibu-ibu, hehe.

Ibu kosku juga lumayan sering menggunakan dapur kos, kalo misalnya gas yang di dapur utama sudah habis dan beliau belum membelinya.
Nah, biasanya masaknya pagi-pagi sekitar jam 6.30-8.00 gitu. Wah, tercium semerbak aromanya, kalo lagi masak rendang, semur, sayur macem-macem.. hehe.

makanan...

Kembali ke masalah utama. Apakah penting bagi seorang cewek untuk bisa memasak?. Menurutku penting sekali!!.
Kenapa bisa dibilang penting?, kenyataan bahwa kalo memasak itu bisa berarti sangat bisa untuk menghemat, hehe.
Dan seorang cewek itu harus bisa masak. Salah satu urusan penting dalam rumah tangga.
Tapi kayaknya cewek jaman sekarang kebanyakan ngga bisa masak?, bener ngga sih?, hehe. Seorang temen akhwat bilang
akhwat itb jarang yang bisa masak alias gagap masak, beliau bilang begitu karena waktu ikut DMM nya Gamais, kan akhwatnya disuruh masak
ketika ikhwannya lagi pada outbond, nah disitu keliatan deh kalo pada ngga bisa masak, kekeke.

Ibu ku selalu bilang sama adikku, kamu harus bisa masak, minimal ada beberapa menu yang harus kamu kuasai (lupa jumlahnya berapa).
Masak nanti kalo suami kamu mau makan, harus beli dulu?, trus aku mikir, yah itu mah gampang, cari aja pembantu yang bisa masak, trus suru masak deh.
Tapi apa mau seperti itu terus?, yah kalo pembantu lagi away, bisa telepon 14045 atau hotline restoran fastfood lainnya.

Adikku selalu dipaksa ibuku ke dapur kalo hari sabtu-minggu, bantuin motong-motong apa kek, bersihin ini-itu atau sekedar goreng kerupuk. Itu karena
ibu benar-benar menekankan kalo cewek harus bisa masak.

Hmm.. Buat cewek-cewek yang ga bisa masak, mungkin karena ibunya juga ngga bisa masak :p, dan ngga mau belajar, atau menganggap masak itu bukan sebuah
hal penting yang mesti dikuasai. Yang dipikirin mungkin sama, nanti juga ada pembantuku yang masakin, atau catering aja mungkin hehehe..
Tapi ya, menurutku, makanan-makanan enak yang berasal dari dapur sendiri, rasanya gimanaa gitu, pernah ngerasain kan kalo kita masak sesuatu,
trus pas kita makan rasanya nikmat sekali, padahal rasanya juga biasa, kekeke.

Ada yang bisa masak?, waktu itu si rija pernah bilang kalo dia sering belajar masak sama ibunya, yang keinget sih masak gepuk..
hehehehe. Ajarin dong ja, jadi kepingin bisa masak juga..

*sekedar cuap-cuap*

Categories: Cuap-cuap | 21 Comments

Post navigation

21 thoughts on “cewek harus bisa masak ya?

  1. menurutQ ce emg harus bs masak..
    tp kan mmasak bs dipelajari, jd g perlu sekarang2 bgt donk๐Ÿ˜€
    *pmbelaan krn trmasuk yg g bs masak,haha

    kalo udh waktunya tiba, mau g mau pasti mau blajar masak!!
    palagi kl suamix yg doyan makan, anaknya 10, beeuhhh….
    klo g bs masak, emm bisa2 uang belanja sbulan habis sminggu
    hehehehehe….

  2. @nie
    hah? mau punya anak 10 nen?, buset *geleng-geleng*

  3. setuju feb. yang namany cew harus bisa masak.
    ga perlu harus pinter, tapi yang penting bisa.

    klo ga bisa masak, jangan-jangan ntar keluarga lebih ngerasa kehilangan pembantu dari pada kita sendiri

  4. menurut saya sih, cewek emang bagusnya bisa masak. cowok juga!
    saya ga peduli alesan yang bilang kalo cewek mesti bisa masak supaya suami senang, dsb… (belum tentu tu cewek mo nikah kan? hehe) yang pasti bisa masak itu mendatangkan keuntungan seperti menghemat biaya makan, bisa buka katering, bisa jadi koki terkenal, dll.

    saya ga bisa masak, tapi jadi pengen belajar juga sih… hehehe…
    kayaknya bagus juga kalo punya cowok pinter masak :p

  5. @widya

    *Jadi inget kejadian kalo bibi dirumah lagi mudik :)*

    @giaferdi

    btw, rija itu beneran bisa masak lho…

  6. nen, kau sebut dirimu tak bisa masak??? apalagi daku…

    bokap gw, “kak rika belajar masak lah sama mama!”
    gw, “mama tu orgnya perfeksionis, ga mau dibantu, lebi suka masak sendiri….aka sering diusir dari dapur”
    nyokap gw, “enak aja! kak rika nya aja yang ga mau! lagian disuruh iris cabe aja ga bisa…daripada kita ga makan siang?!”
    ….terjadi peperangan di meja makan, bokap pun berhenti ngomongin masalah gw yg ga bisa masak…

  7. curhatanku

    kalo gw sih, cewek cowok kayaknya harus bisa masak deh, kalo cewek sih emang bisa dibilang wajib hukumnya, kalo cowok makruh lah hehe, soalnya kan seru tuh kalo lagi ada moment something suaminya yang masak trus dibawain ke kamar pas pagi2nya, trus di meja kecilnya pake ada bunga mawarnya, heuheu..so sweet, hehe..maaf2 jadi ngelantur

  8. cewek emng mesti-a bs masak..
    aQ sih t’msk cewek (yg untung-a) emng suka masak..
    and.. t’nyata masakan aQ lmyn lah..
    (gak prnh ada yg complain sih.. :p )

    but.. cowok skrg, dt rasa, mesti bisa masak jg loh….๐Ÿ˜‰

  9. Hehe, sy gabisa masak tp dr kecil srg bantuin bibik di dapur. Ga punya temen deket rumah soalnya, jd main sama bibik terus. Hiks, kok jd menyedihkan gini.. T__T iya dong, cewe emg harus bisa masak. Sy uda berencana kalo mw nikah nanti, les masak dulu biar suami ga jajan di luar mulu. Halah, sinetron pisan.

  10. Oh jelas lah …
    cewek harus bisa masak, sama aja kaya cowok harus bisa ngetik .. halaah .. ganyambung … hehehe ..

    Iya, menurut gw ce mang harus bisa masak. Tapi kata nyokap belajar masak itu ga susah2 amat kok. Apalagi kami para wanita … ! Kami terlahir secara natural untuk menjadi tukang masak ulung ! Huahauhauhaha … Jadi, belajarnya mah ntar2 ajah, feb๐Ÿ˜›

  11. sonny

    harus bisa masak dong, kalo cowonya ga bisa masak, kan nanya nya ke cewenya, biar bisa gantian juga…hehehe

  12. piliang

    ngga cuma cewe loh yang harus bisa masak
    cowo juga,,

    kan harus saling membantu :))

  13. Kok gua juga ikutan ngasih komen yah?

    1. Kenapa lo gak minta bayarin waktu ketemu ibu kost di warung? percuma donks lo kuliah di ITB tapi gak bisa meng-aplikasikan cara hidup anak kost hahaha…..

    2. Cewe itu harus bisa masak. Wajib!!!! kenapa? soalnya cowo itu bisa taklukan lewat perutnya (makanan) sama kaya menaklukan cewe melalui perut cowo juga (six-pack) hahahaha……

    Here is the reason why wife must can be cooking?
    1. suami lebih sayang, bangga, dll.
    2. hemat
    3. suami jarang jajan diluar
    4. lebih sering dirumah
    5. ……….. (gua sisain buat yang laen untuk ngisi)

  14. Kok gua juga ikutan ngasih komen yah?

    1. Kenapa lo gak minta bayarin waktu ketemu ibu kost di warung? percuma donks lo kuliah di ITB tapi gak bisa meng-aplikasikan cara hidup anak kost hahaha…..

    2. Cewe itu harus bisa masak. Wajib!!!! kenapa? soalnya cowo itu bisa taklukan lewat perutnya (makanan) sama kaya menaklukan cewe melalui perut cowo juga (six-pack) hahahaha……

    Here is the reason why wife must can be cooking?
    1. suami lebih sayang, bangga, dll.
    2. hemat
    3. suami jarang jajan diluar
    4. lebih sering dirumah
    5. ……….. (gua sisain buat yang laen untuk ngisi)

    http://carbuncle.blogs.friendster.com/carbuncle/

  15. Shertaria Eunice

    idealnya emang cewe harus bisa masak..soalnya ada pepatah yg bilang kalo mengambil hati cowo itu lewat perutnya..hehe..tapi menurut gw masak itu bisa dipelajari ko..apalagi kalo da kepepet ntar mo nikah,,mau ga mau harus belajar..hehe
    tapi gw pernah sekali punya keinginan punya pacar seorang chef..haha..kaya chef bara (gulagula .red)..uda keren, cakep, pinter masak pula..wihhh enak banget kalo pulang ke rumah uda ada makanan terhidang di meja..ahahaha..

  16. @takazawa rika : bisa aja ngeles ga mau masak nya๐Ÿ™‚

    @curhatanku : huhuhuhuw.. ternyata lo romantis juga ya tih… jadi inget film last kiss..๐Ÿ™‚

    @deethalsya : hmm ga pernah komplain karena mungkin menjaga perasaan mu.. hehehe

    @dibond : bon, nanti calon suami kamu naksir si bibik lagi kaerna lebih jago masak..

    @golas : belajar dari sekarang juga gapapa lagi, mengurangi effort di masa depan, *halah*

    @sonny : si “dedek” bisa masak ga son?๐Ÿ™‚

    @galih : gw dibayarin kok, hehehe

    @Shertaria Eunice : hmm.. bener juga ya, bagaimana dengan istri seorang chef?, ah lebih baik “bibik” seorang chef.. hohohoo

  17. cewe cowo tuh hrs bisa masak. ga usah yg bgs2 lah. yg sederhana aja. soalnya bisa ngehemat biaya. apalagi klo tar hidup sndr didunia sana yg makanannya aneh2 smua.
    klo mshl istri hrs bs masak? ya bisa iya bisa ga. ada tuh temen saya yg ibunya ga pernah masak. setiap hr makannya beli terus. kan kasian tuh. lgan nih katanya masak klo ditambah bumbu kasih sayang tuh rasanya bakal enak bgt๐Ÿ˜€
    belajar masakh tuh ga susah, cm ngandelin feeling aja. ga usah lah pake acara menimbang2 bahan2 segala. asal mudah tau apa aja yg dibutuhin, tinggal cemplung2 aja deh.

  18. @finyai : btw, yang asal cemplung itu hasilnya enak ga fit?๐Ÿ™‚

  19. Buset koq gw nyasar sini ya?

  20. hah menurutku sih cewek emang perlu untuk bs masak

    klo dipikir2 kmrn br beli sop ayam semangkoknya 6500, setelah kuitung2 sebenernya cm butuh 3rb buat bikin itu sop *udh termasuk cost gas yg dipake*

    trus beli kue lebaran setoples bs ampe 20rb, klo bikin setoples kue yg enak bgt paling juga cuma 8rb *bisa lebih murah klo oven, kompor dan klo bs gas minjem dr tetangga*

    trus mnurut temenku *sayangnya cowok* yang jd koki di hotel, gaji asisten kepala koki itu 25 juta , apalagi jd kepala kokinya *_*

    dan klopun kita, para perempuan emg ga ingin urusan masak memasak dijadiin bisnis, setidaknya bs korupsi uang belanjaan, krn sebenernya bikin masakan enak tuh ga butuh uang banyak2, tapi sayangnya para pria tidak tahu hal itu, hahahahaha

    *start to think like a businesswoman*

  21. Cornelio de Carvalho

    ya kalo jadi cewe
    minimal harus tau masak dong,,,,,,,,
    kalo nggak nanti digebok suami,,,
    dan juga,,,,,,,
    kalo pembantu selingkuh dengan suamimu nanti dia biswa racumi kamu deh,,,,,,,,,,,,,,,,,, hehe

    Chaoooooooo
    Timor Leste

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: