gmail di W810

Waktu buka-buka menu nya sE W810, di bagian messagingnya ada e-mail. Trus aku jadi penasaran dan bagaimana membuat fiturnya bisa berjalan.
Setelah googling2 dan buka web nya SE, ternyata Hp ini bisa menjadi e-mail client dengan native. Yang baru aku coba sih pake GMail.
meski mempunyai beberapa kelemahan dan punya kelebihan yang penting (akan dijelaskan nanti). Gmail juga ada aplikasi yang j2me nya, ada kelemahannya juga.

Dari menu utama buka Messaging -> Email -> Settings -> Account Settings

  1. Pilih New Account, Masukin Account name nya, misalnya Gmail.
  2. Email address isi dengan [username]@gmail.com
  3. Connect Using isi dengan setting GPRS yang sudah ada, kalo belum liat di sini
  4. Connection type isi dengan POP3
  5. Incoming server isi dengan pop.gmail.com
  6. username nya isi dengan [username]@gmail.com (harus lengkap)
  7. Isi Passwordnya
  8. Download isi dengan Headers only (Kalo mau liat header nya aja, ini lebih baik sih)
  9. Check Interval, isi off aja, daripada ntar ngabisin pulsa
  10. Outgoing server isi dengan smtp.gmail.com
  11. Sama seperti langkah 6 dan 7
  12. Encryption isi dengan TLS/SSL, (ini buat sertifikat yang harus diinstal kalo mau ngirim email)
  13. Incoming Portnya isi dengan 995
  14. Outgoing Portnya isi dengan 587

setelah itu balik ke menu sebelumnya (done). Sebelum nyoba nerima email ke HP kosongin dulu inboxnya kalo ngga semua email yang belum terbaca akan masuk
ke HP. Buat ngecek, Dari menu Email, buka Inbox -> More -> send & Receive, Kalo settingannya bener langsung receiving emails. Hal yang unik ternyata kalo
kita ingin mengirim e-mail dari w810 harus menginstall sertifikat keamanan yang ada di sini. Instal ke dua sertifikat tersebut ke w810.
Oiya, gabisa dengan memindahkan begitu saja sertifikatnya ke memory stick, Caranya, gunakan PC suite atau bluetooth. Kalo pake PC suite tinggal buka file managernya.
trus drag and drop aja dua file sertifikat tadi.

gambar file manager

Setelah sertifikatnya bisa diinstall (Ada notifikasi kalo mau nginstall dan setelah sertifikat terinstall). Setelah itu.. voila!!, kamu bisa ngirim email pake w810.

Kelemahannya :
1. Akan mem-fetch semua yang ada di Inbox, artinya email yang sudah terkategori dan belum terbaca akan ikut di fetch juga. Disini aplikasi gmail menang,
Soalnya bisa ngeliat berdasarkan folder, dan menampilkan hanya yang mau kita liat aja, keren nih, tapi ngga bisa baca attacment

2. Agak Lama kalo attachmentnya besar, kenapa ya?, hal ini dibandingkan dengan aplikasi gmail yang khusus HP

Kelebihannya :
1. Bisa ngebaca email yang ada attachmentnya, dan bisa langsung dikenali filesystem, maksudnya gini, dari email yang diterima, attachmentnya itu bisa di retrieve dan
dipisahkan. (Kemaren baca email yang dari dewi langsung dari sini (isinya laporan seminar beliau), menakjubkan!).

2. Bisa ngirim email dengan attachment, kalo aplikasi Gmail ga bisa, (btw kemaren ngumpulin rus dari w810, soalnya ga kekampus, ngantuk, karena semaleman ngerjain rus)

Buat yg make w800, w700,w850, w950, K800, K750, K790 dan HP2 sejenis, settingannya mirip2 kok.
Gimana dengan mail.informatika.org?, aku belum coba! ada yang udah nyoba???,
btw kalo yahoo kayanya layanan POP nya harus bayar deh, makanya pake gmail.. hehe.

Categories: Gadget | 12 Comments

Post navigation

12 thoughts on “gmail di W810

  1. haiya…. masih make siemens seri jadul….πŸ˜€

  2. Wah, tenkyu feb. Konkrit. Tapi pulsa gw bakal habis2an kalo download email dari gmail gw. Hehe..

  3. Cie, ini maksudnya mo pamer hengpong baru ya

    Gw baru teu klo lo jg ngeblog, cup. Perasaan sejak gw ngeblog anak2 pada ikut2an neh, haha

  4. @orangculun

    gak baru kok, udah 3 bulan, kekekeke..
    btw dari dulu juga udah ngeblog di http://students.if.itb.ac.id/~if13028/blog/

    tapi isi nya sampah..πŸ™‚

  5. ERNA

    dimana aku dapat menemukan sertifikat gmail utk SE W550I?

  6. @ERNA : Secara umum sertifikatnya sama kok, settingannya juga mirip, cara nginstallnya pun hampir sama, seritikatnya ada di
    btw, kalo mau ngirim email biasa tanpa attachment, mending pake http://www.gmail.com/app aja, (kunjungi dari WAP/XHTML browser), kalo ngirim dari situ ga usah pake sertifikat, tapi kelemahannya ga bisa pake attachment.

  7. bowo

    btw kalo yahoo kayanya layanan POP nya harus bayar deh, makanya pake gmail.. hehe.

    Kalo pakenya yahoo.com memang tak isa, tapi klo pake yahoo.co.id pasti isa dan gratis..
    JBY.

  8. Krim ya ke email q settingan email nokia 3110..
    Coz q setting nda mau mau jga..please krim
    q tunggu ya..

  9. cloves

    tulung..tulung..
    dmn bs q dnlud cert lngsng k hp wat gmail..?
    q bru dpt atu,, yg “equifax”

    smntra cma bs ngunduh duank, lum bs ngirim..
    tulungin duuuunk…

    mkc sblm na…

  10. saza

    N95 lebih ok ko..

  11. sertivikat gx di dukung ez,
    g!e mana che cranya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: