Pelajaran di Hari Jumat

Hari ini hari jumat, jumat berarti hari terakhir kerja, dan ada yang spesial di hari ini.
Hari jumat adalah hari raya mingguan buat umat muslim, dan Setiap hari jumat ada shalat jumat yang hanya ada di hari jumat.
Bahkan hari jumat juga dijadikan salah satu surat dalam Quran.

Shalat jumat hukumya wajib bagi laki laki muslim yang sudah baligh. Di hari jumat disunnahkan mandi, memakai wangi-wangian, memakai baju berwarna putih dan rapi.
Mencukur kumis, menggunting kuku dan lain lain.

Biasanya aku shalat jumat di masjid salman, dan kadang-kadang shalat jumat di masjid dekat kostan.
Masjid nya namanya Al Urwatul Wutsqa artinya buhul atau simpul tali yang kukuh (erat).

Suatu ketika di hari jumat aku mendapat pelajaran berharga dari seseorang.

Hari itu karena sesuatu yang tertinggal, aku memutuskan untuk shalat jumat di masjid itu.
Sebelum adzan aku sudah memasuki masjid dan melakukan shalat sunnah 2 rakaat.
Aku duduk di sebelah kiri masjid yang bersebelahan dengan kostan salah seorang temanku.
Selesai adzan, khatib naik mimbar kemudian menyampaikan khutbahnya.
Setelah menyampaikan khutbahnya terdengar iqamah tanda shalat segera dimulai.
Nah ketika iqamah itu, aku melihat seseorang yang kukenal berlari dari lantai 2 kostan yang ada disebelah masjid
menuju ke masjid dengan langkah tergopoh gopoh.
Kostannya persis disamping masjid, tetapi seseorang ini biasanya datang ke masjid waktu injury time atau stoppage time🙂

Setelah shalat, aku menyapanya dan ternyata kita menuju tempat yang sama untuk makan siang.

“Eh, tadi kenapa dateng pas waktu komat, parah bgt lu, kostan lu kan sebelahnya masjid gitu..”

“Tadi gw ketiduran euy, trus blom mandi juga, jadinya masuknya pas komat, untung gw masih dapet tempat..”

*entah kenapa, aku ingin mengucapkan sesuatu, tapi dengan nada bercanda meski yang disampaikannya agak serius*

“waktu itu gw pernah dikasi tau seseorang, katanya kalo kita datang shalat jumat dan duduk di barisan yang terdepan, maka perumpamaan pahalanya
seperti mendapat seekor sapi, kalo dateng menjelang khatib naik mimbar, maka kita hanya dapat pahalanya diumpamakan dengan seekor ayam, nah jika datang ketika
khatib udah naik mimbar maka kita hanya mendapatkan pahala sebesar telur ayam”

*ketika berbicara seperti ini, suasananya santai banget, dan penuh dengan candaan, jadi aku tidak bermaksud memberi taushiyah atau nasihat kepadanya, karena itu terucap begitu saja*

“kalo dateng pas komat gimana?”

“wah gw ngga tau itu, dapet bulu ayam kali.. hahaha”
Intinya sih kita diharuskan cepet2 dateng ke mesjid biar semakin banyak pahalanya.

*btw yang tau persis hadits nya kasi tau dong, waktu itu cuma denger sekilas, dan sekilasnya seperti itu, wallahu al’am*

Nah, suatu ketika, ketika aku memutuskan shalat jumat dikosan, sampai dikosan jam 10.00 dan mengerjakan tugas Teknik Kompilasi yang memang harus dikumpul jam 14.00
Jadilah dari jam 10-12 itu mengerjakan tugas tekom itu karena masih belum selesai, dan kayanya lupa kalo hari itu tuh hari jumat. Astagfirullah.

Ketika melihat jam, Ya Allah, udah jam 12.00, langsung ambil wudhu dan berlari ke mesjid. Begitu sampai ke mesjid aku memasuki masjid dari sisi kiri.
Nah temanku yang biasanya telat itu pada saat itu sudah berada di barisan terdepan, dan melihatku masuk masjid.
Ketika aku masuk masjid, pas banget lagi iqamah. *keadaannya sekarang kebalik.. hehe*

Selesai shalat, dia menghampiriku..

“feb, hari ini gw dapet sapi loh.. kayanya lo dapet bulu ayam deh..hehehe”

“*speechless.., cuma bisa senyum*”

bener2 pelajaran yang sangat berharga, pelajaran dari diriku sendiri, untuk diriku sendiri.
Insya Allah sekarang aku selalu berusaha datang tepat waktu kalo shalat jumat
bukan datang pada waktu iqamat..🙂

Categories: Life.. oh Life.. | 5 Comments

Post navigation

5 thoughts on “Pelajaran di Hari Jumat

  1. Hwoo… keren bgt Feb posting yg ini. Sy baru denger tuh hadistnya, lumayan nambah pengetahuan. Makanya, biar gak lupa, pasang reminder don di hp tiap Jum’at.

  2. memutuskan shalat jumat dikosan

    Aneh… Emang bisa ya shalat jumat di kostan?

  3. @diBond : udah pasang reminder, tapi lagi di silent, jadinya ga bunyi😦

    @reiSHA : maksudnya ada dua pilihan shalat jumat dikosan dan dikampus, kalo dikosan ya di masjid itu.

  4. wajib kan hukumnya mandi jum’at ?
    kok ditulis sunah?

  5. hmm.. setau saya sunnah mas, baca di bulughul maram sih.
    tp gatau menurut referensi yang lain..🙂

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

