boneka bawa hoki ya?

Pernah kan, ketika kita berjalan-jalan di etalase pertokoan, biasanya toko elektronik, kita menjumpai seorang sebuah boneka lucu sekali.
Boneka ini berwarna kuning keemasan, ukurannya juga gaterlalu besar, dan anehnya hanya mempunyai satu tangan.

Boneka ini sering sekali kulihat di beberapa toko, toko komputer, dvd, toko elektronik, toko alat-alat olahraga, bahkan warung makan mpek-mpek yang
ada di dekat rumahku punya boneka seperti ini, tapi ada satu kesamaan, hanya ada di toko yang menjual sesuatu.

Iseng, waktu itu aku bertanya ke salah satu pegawai toko elektronik yang ada bonekanya..

“Mbak, itu boneka apaan sih?”

“Wah Mas, itu bos saya yang naro disitu, katanya si buat bikin hoki..”

“Biar jadi penglaris ya?”

“Gatau juga mas, kayanya si gitu, orang cina kan percaya hoki2 an”

“Ko tangannya cuma satu mbak?.. “:)

Boneka3

Nah, sepertinya boneka ini buat menambah penjualan.. lah, kok bisa?, sampai saat ini saya belum menemukan korelasi yang logis antara
jumlah penjualan dan boneka itu, trus kenapa tangannya bergoyang-goyang, trus kenapa tangannya cuma satu?, kenapa warnanya emas?, kenapa bentuknya seperti kucing?
emang itu bonekanya namanya apa sih?.
Kalo suka sama bonekanya, ya beli aja bonekanya jangan perangkat elektroniknya, bingung kan?
begitu banyak pertanyaan tentang boneka ini..

Boneka 2

Btw, aku nggak percaya dengan yang namanya feng shui, hong shui, horoscope barat, horoscope timur, zodiak, shio, primbon, dan semua hal-hal yang mirip dan berbau itu.
Pernah satu ketika aku diajak ayahku untuk membeli genset untuk rekan bisnisnya. Kebetulan genset itu milik sebuah cafe yang ada di bilangan kemang, jakarta selatan.
Nama kafenya waroeng podjok atau wardjok, kafe ini terbilang cukup sukses, selain di kemang ada dua cabang lagi kalo ga salah ada di plasa senayan sama semanggi.
Setelah sedikit-dikit ngobrol sama supervisor di cabang kemang itu, terlihat bahwa penjualan di kedua cabang selain kemang itu bagus banget. Sedangkan yang di
kemang ini semakin lama semakin menuju kebangkrutan, dan akhirnya tutup dan mulai menjual asetnya, nah.. ayahku tertarik dengan gensetnya.
Apa yang salah??
Ayahku bilang, ini masalah faktor hoki, karena kafe ini berada pada di perempatan jalan dan menghadap ke barat laut, sedangkan tepat didepannya ada gedung menjulang tinggi.
Katanya posisi tersebut disebut posisi tusuk jantung!, apa pula ini?.

Intinya, karena posisi gedung kafe itu yang secara feng shui buruk banget, makanya bangkrut.
Sepanjang perjalanan pulang aku mikir, ko bisa ya percaya begitu aja sama feng shui, orang rejeki kita udah diatur kok, mungkin aja manajemennya perlu diperbaiki
atau mungkin konsumennya sudah jenuh dan butuh inovasi baru.
Apakah kamu percaya dengan hal- hal seperti itu?

Categories: Cuap-cuap | 44 Comments

Post navigation

44 thoughts on “boneka bawa hoki ya?

  1. engga percaya. tapi boneka itu tangannya dua kan? yang satunya lagi megang papan huruf cina itu😀

  2. Tangannya dua kok feb, itu kan ada di gambar, tangannya yang satu lagi megang keping emas cina.
    Kalo menurut saya mah, tangannya satu goyang-goyang itu ceritanya gerakan manggil orang biar dateng ke toko yang bersangkutan.
    Kalo tangannya dua goyang-goyang, ntar goyangan tangannya bukan kaya manggil orang buat dateng. Malah kaya ngusir orang suruh menjauh, sambil bilang “hus, hus…” Kebayang?😀

  3. Iya setuju ama dende, tangannya dua kok.
    Emang masalah kepercayaan ke hoki-hokian tersebut banyak dan gak bisa dihindari. Pasti ada aja yang percaya. Bahkan di negara maju pun, juga ada yang kayak gitu.
    Cuma kalo masalah Feng Shui sih, gw pernah baca-baca feb, jadi emang ada maksud yang logis dari setiap aturan-aturannya. Misalnya tempat tidur ga boleh ngadep pintu, dibilang apa gitu, padahal sebenernya kan emang karena gak enak kalo kelihatan dari luar. Kalau mau bukunya, hubungi gw aja :p. Gw beli buat ngerjain tugas SBP dulu🙂

  4. @dende, Brahmasta, ruanee : eh iya tangannya dua🙂 , ga keliatan, fokus nya sama tangan yang gerak gerak itu.. mistis juga nih, hehe

  5. Iya Feb. Kalo mw mencoba peruntungan km pake Feng Shui, sekalian aja pinjem program Feng Shui tugas SBP dulu di Bram. Kami bikinnya ga ngasal kok, berdasarkan buku. Lumayanlah, buat iseng-iseng. Jadi promosi gini.

  6. kalo ga salah boneka kucing itu ada dua jenisnya, yang tangan kanannya melambai2 dan yang tangan kirinya melambai2. yang tangan kanan katanya buat narik hoki, kalo yang kiri buat narik pengunjung. katanya loh ya😀

  7. straw

    Kucing itu ga punya tangan say…keempat2nya kaki tauw!hwakakaka…
    iya noh..gw jg sering liat boneka bgituan…spetinya siy bwat narik pelanggan, klo bs ngomong, tu kucing ngomongnya gini ni “sini mas…sini!!mari2!!!” bgitchu ha2.
    klo masalah fengsui…gmn ya…hmmm…bisa jadi segala sesuatu yg tjadi ma qt..jodoh..rezeki dsb ada hubungannya dgn smua itu (fengsui kaya tata letak..hadap dsb). Dan menurut gw, smua itu dah ada yang atur yaitu Allah SWT, rmah qt dah berposisi demikian jg dah diatur ma Allah..klo qta mang sengaja ngrubah tata letak rumah dsb mungkin keinginan dan kemampuan kita bwat ngerubah itu semua pun dah diatur oleh Allah SWT.
    maksud ga yg gw omongin??

  8. Baru sadar nih .. ada ya yang seperti itu. Tapi ati-ati loh, perbuatan seperti itu bisa berbuah syirik. Bukankah Allah yang telah mengatur rizqi? Kenapa sih harus pakai hal-hal yang seperti itu?

    Klo dikatakan sebagai wasilah (perantara), maka orang-orang kafir Quraisy dulu juga mengatakan mereka menjadikan berhala-berhala itu sebagai wasilah saja. Padahal Allah telah mengharamkannya.

    Semoga Allah memberi kita petunjuk dan menjauhkan kita dari kesyirikan.

  9. @ all : ada yang tau nama boneka nya apa?, kira2 dimana belinya ya?, ada yang pocket edition gak ya?, pingin punya..🙂

    @straw : maksud kok, intinya jodoh itu ada ditangan tuhan kan.. lohh??🙂

    @arifromdhoni : Mantap!!, kalo ada banyak boneka di toko2, berarti banyak yang percaya?, bisa iya bisa tidak..

  10. Aku dapet beberapa referensi,
    Neko Kucing Bertuah
    Simbol Keberuntungan
    What Is Maneki Neko
    Dari sumber-sumber tersebut diketahui bahwa ini adalah semacam berhala yang dianggap sebagai Rabb (mungkin juga sebagai Ilah). Dan ini adalah kesyirikan yang nyata. Berhati-hatilah!!
    Ya Allah, hindarkanlah kami dari dosa syirik, hindarkan kami dari dosa syirik, hindarkan kami dari dosa syirik.
    Ya Allah, tunjukilah kami bahwa kebenaran itu benar dan berilah kekuatan kepada kami untuk mengikutinya. Dan tunjukilah kami bahwa kebathilan itu bathil dan berilah kekuatan kepada kami untuk menjauhinya.

  11. ngeri juga ya rip, karena syirik adalah dosa besar, btw percaya zodiak dan kawan2nya juga termasuk itu kan?

  12. Dyah Anindita

    okey….ini yang selanjutnya…
    coba jalan2 di BEC..nyaris semuanya ada boneka kucingnya kan???huehuehue..semua komentar tangan yah???itu juga yang mau gw komentarin pertama kali…tapi berhubung udah pada ngomong jadi ga jadi heheheh…gw juga sering bertanya2 gitu ko…ni boneka filosofinya apa si???? awalnya gw bingung…loh?di antara laptop,kamera,hp…kenapa tiba2 si empunya toko jualan kucing2an???he???limited edition lagi…cuma atu2nyah…tanya ke….napa….
    gw juga ga tau kenapa..coba baca komik Daikichi’s Salesman Ship…bahkan ni komik nyeritain tentang guru kucing (baca: semacem dewa gt dee…)yang kerjaannya nyari orang2 bermata seribu koin emas…wedew…bener gak ya???rada lupa gw…pokoknya berapa…..koin emas gt…maksudnya orang2 yang punya bakat jadi pedagang hebat…he??ya gt deh….
    jadi… apakah pernyataan pertama gw dan komik ini saling berkorelasi??? (-_-“) sekarang gw yang bingung..

  13. gambar itu diambil di BEC dan IBCC.. ternyata ada legenda nya ya kucing maneki neko itu, sampe dikomikkin segala.. sepertinya berkorelasi

  14. menurut gwe lonya ajah yang kurang kerjaan!ngapain coba ngurusin barang milik orang laen!
    biarin ajalah toh,selagi barang itu gag ngeganggu kita!!!!!
    malahan klo menurut gwe barang itu bisa jadi pemandangan yang unik!!!!!!!!!!!
    Norak looooooooooow!!!!!!!!!!!!!
    klo kta tukul arwana nie yyyyyyyyyy,lo tuh DESOooooooo!!!!!!!!!

  15. aq percaya kok

  16. ok lah

  17. klo menurut gw sihh zodiak itu malah bikin kita stress…………….mendingan klo pas dengan apa yang sedang kita alami,tapi klo ga…..cape dehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  18. jelie

    uups blh ikut4n Ga Ni3,,,? oH iYa gw Cwih Dikit Prcya

  19. Lovina ayu dewe

    kucing mas mogo-mogo aku nduwe siji nggo pengelaris tokokoku he he he he $$$$$$$$$$$$

  20. echa,riea.rima

    aq cy pcaya g pcaya tp lo ramalannya baguz cy z s7 aj!tapi ada ga percayanya kdg slh kdg bnr terserah kallian ja nilenya up too u muach

  21. candra

    tangannya yang satunya ilang mungkin karena di amputasi!!!!!!
    heheheheheheh……

  22. Maqmur Ahmin

    Saya sangat setuju dgn fenomena tsb.Semua bs jadi do’a mulai dari fikiran,ucapan,tindakan,gambar,logo,nama,pajangan dll.Kan bnyk penyanyi yg melantunkan sebuah lagu dan lyric lagu itu kemudian masuk dalam kehidupannya.Jd symbol kucing manggil itu bener adanya.Krn kucing itukan binatang kesayangan.Makanya ga ditaruh gambar hantu atau yg sejenisnya kan bs bikin orang takut.Kalo ga percaya buka aja situs web : http://www.nama-hoki.com lho kok jd promosi ?????

  23. a kangen ma tmn2 kebumen
    a kan selalu ingat u
    to hamster kapan kita bisa berdua lagi a kan msh kangeeeeeeeeeen
    to pam2 cuap kapan kita nongkrong bareng heee

  24. nenot

    tangan (kaki)nya lengkap kok, ada 4. yang kanan tuh bukan pegang koin emas tapi ikan! liat aja ada lukisan kerangka tulang ikannya (warna item)…

  25. klo aq setuju klo boneka itu di anggap sebagai pembawa hoki.krna rezeki dah ada yg ngatur.mungkin itu hanya mitos belaka yg g ada artinya sama sekali.tp mungkin krna manusia terlalu terinspirasi bhwa boneka itu adalah boneka yg bagus dan menarik .emang boneka itu pembawa hoki bg yg membuat boneka itu laku berat boooo. he.he.he.he.he.he.he.he.he/.

  26. klo aq g setuju klo boneka itu di anggap sebagai pembawa hoki.krna rezeki dah ada yg ngatur.mungkin itu hanya mitos belaka yg g ada artinya sama sekali.tp mungkin krna manusia terlalu terinspirasi bhwa boneka itu adalah boneka yg bagus dan menarik .emang boneka itu pembawa hoki bg yg membuat boneka itu laku berat boooo. he.he.he.he.he.he.he.he.he/.

  27. Yotz

    Hahahaha hari gini percaya ama gituan..
    bisa ketinggalan kereta… huehuehue
    Yah namanya juga adat dan budaya pasti bisa nempel terus dah…
    Tapi g mao bilang tuh boneka kucing ada 2 tangannya…

    hohohohohohoho

  28. Nerissa

    menurutku juga boneka itu g’ bisa dipercaya, walaupun aku orang cina, tapi ku g’pernah percaya ama yang namanya boneka atau patung yang katanya bikin hoki.apalagi itu adalah sebuah dosa besar yang g’ akan diampuni oleh Allah Swt. Jangan percaya ama yang begituan deh! Paling hoki gak hoki udah ditentuin ama yang di atas kok! So, tenang aja deh!But, kita juga harus berusaha, jangan berpangku tangan aja! Lebih baik percaya ama kemampuan kita sendiri dan percaya bahwa Allah Swt, telah mengatur rejeki kita. Jangan percaya ama barang-barang yang katanya bikin hoki! Ntar malah kebalik! Hehehe……………………

  29. yusuf

    harga boneka rejeki itu berapa ?

  30. aq n my family sgt g pcy bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbwwwwwwwwwwwwwwwwwwgggggggggggggttttttt
    aq amt gk prcy dgn hoki2an
    aq hnya prcaya ma lord jesus
    aq gk suka cz kucingh sgat mnji2kn
    aq sk dgn anjing
    cz kucing ialah msuhnya
    j0w bkin heboh dechhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
    aq????????????????????????????/
    http://www.metalizer.com

  31. intan

    klo aq sih percaya dengan hal kayak gitu

  32. Manekineko

    It’s the Maneki Neko statue, u can find the origin story here: http://en.wikipedia.org/wiki/Maneki_Neko

  33. hahahahahahaha lucu juga y kucingnya….
    apa iya membawa hoki?,kalo iya gw naro 5 di kantor gw hahahaha
    pernah liat juga sih…

  34. paula

    belum tnt kali……
    pmkran org kn bda2……
    OZ, km cndri gmna klo d tnya kyk gt??????????

  35. devil

    tergntung orangnya donk….!!!!!!
    liat2 agamanya….n tradisi Pemikiran oRngnya…

    yG Pzti Aq gak percya….
    klo da buktinya knapa g’?

  36. klu emang tu dwa penglaris, q blh bli g???cz q gak lris2 nich…..hehehehehe to mau bantuin spy lris gX???

  37. eh dwa hoooooooooooooooooooooooooooooooooooooooki bantuin q donk, biar tko q lris sklian q jga lris,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,hehehehehehehehehehehehehehehehehe!!!!!

  38. tuk itu q g pcaya nich msak cuma boneka kyk gtu bsa bwat qta lris…..
    ya tpi tgantung orangy juga sich mau pcaya npa gakkkkkkkkkkk hehehe?

  39. imel

    “Apakah mereka hendak membagi-bagikan rahmat Tuhanmu? Kamilah yang membagi-bagikan antara mereka penghidupan di dunia. Dan kami angkat derajat sebagian mereka diatas yang lain, supaya sebagian mereka dapat mempergunakan yang lain bekerja untuknya. Tapi Rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan” QS Az Zukhruf

  40. iiiihhhhhhhh………..paan sih!!!!!!g jelas bget deh…q g percaya kaya gituan…..

  41. adi

    ada yg jual ga boneka kucingnya,,, kl ada saya mo beli…

  42. Mmmm gimana ya, tp lo dpikir2 sh, ada bnernya juga bang,

  43. Oh iya Bang, ini ada sebuah pengalaman, didaerah saya dibeberapa tempat n prempatan jalan ada patungnya, yg 1 ada patung orang main gendang, dan d lain tmpat ada patung Sapi yg lg mmbajak sawah, anehnya Bang, disetiap tmpat itu itu jadi berubah persis dg yg trgambar di patung itu, dtmpat yg ada patung org main gendang tu jadi ramai n jadi salah satu wisata kota, n d patung sapi, kebayang sndiri dh, Tp hanya Allah yg maha tahu Bang, Wallahu a’lam. Thank you, Seng lebih kuat daripada kayu.

  44. teguh

    kl gak pengusaha hal yang berbau hoki, kurang percaya .coba kalau anda pengusaha pasti percaya hal itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: