journey to ciwidey

Kemarin sebagian muslim IF 03 mengadakan rihlah (wisata / jalan-jalan) ke ciwidey. Pada awalnya tujuannya cuma mau ke Situ Patengan, tapi mampir ke strawberry land juga. Awalnya aku tidak begitu berniat ikut acara yang satu ini karena banyak alasan, salah satunya karena kurang tidur di malam sebelumnya. Wah.. akhirnya aku memutuskan ikut dan.. keren banget!, sughoi!!, subhanallah!!, top BGT deh.. worthy banget!! hehe..

Perjalanan dimulai sekitar pukul 7 lewat sedikit, ada 4 rombongan mobil (seharusnya 5, yang satu nyusul dan nyasar🙂 ), berangkatlah menuju ciwidey. Setelah melewati perjalanan yang agak melelahkan, sampai juga di situ patengan sekitar jam 10 an. Karena namanya situ (yang berarti danau), aku mengharapkan sesuatu yang spesial dari tempat ini, karena memang aku belum pernah ke sini sebelumnya.

kloter

 

Begitu sampai ditempat, kemudian seluruh anak yang ikut dikumpulkan, majelis dibuka, Tilawah Quran oleh uqi dan Sari tilawah oleh Febrian. Kemudian Ustad kita, Ustad Ipan Al-Hanip (harus pake “p”, hanip bermakna hayang <pingin> nikah pisan <banget>🙂 ) menyampaikan materinya. Intinya kita harus bisa mentadabburi ciptaan Allah, dan bagi yang tak kenal maka ta’ aruf.. (lho??🙂 ). Setelah itu ada sesi bebas untuk menjawab sebagian akhwat yang udah pingin banget naik perahu.. huhuhu. Lucu deh, ada dua jenis perahu, yang ada motornya dan tidak. Kloter pertama yang sebagian isinya seluruh akhwat memilih perahu yang menggunakan motor, dan kloter kedua yang isinya ikhwan sisanya memilih perahu yang tidak ada motornya alias harus didayung sendiri. Perahu yang menggunakan motor tentunya lebih fleksibel dan lebih mudah dikendalikan, sehingga kita bisa “berlabuh” di tempat yang lain. Sedangkan yang menggunakan dayung, tidak bisa merapat, muter2 gak jelas gitu.. hihihi. (ada yang bilang, suruh cari ebook: rawing for dummies, atau teach your self rawing in 5 minutes, atau rawing in a nutshell… hahaha)

dayung

Bosen naik perahu balik ke darat lagi, terus makan, shalat, trus ada materi sharing dari Ustad Ipan Al Hanip lagi..hehe. Materi sharingnya cukup bagus, tentang apa yang kita lakukan setelah lulus dan bagaimana kondisi real di lapangan kerja dan bidang usaha yang Insya allah akan kita tekuni. Aku hanya menyimak beberapa saat, karena sempat tertidur, karena kebanyakan mecin!🙂

Eniwei, ternyata Situ Patengan itu ada kisahnya juga ya?

Situ patengan berasal dari bahasa sunda. Pateangan-teangan yang artinya Saling Menari.
Mengisahkan Cinta putra prabu dan putri titisan dewi, yang besar bersama Alam, yaitu ki Santang dan Dewi Renganis.

Mereka berpisah untuk sekian lamanya karena cinta-nya yang begitu dalam, mereka saling mencari dan akhirnya bertemu di sebuah tempat,
yang sampai sekarang dinamakan Batu Cinta. Batu Cinta inilah yang menjadi saksi bisu dipertemukannya kembali cinta mereka

Di kaki gunung patuha terbentang sebuah danau yang udara dan panoramanya yang indah. Konon air danau ini tercipta dari deraian air mata dua insan yang dilanda asmara
(Ki Santang dan Dewi Rengganis) yang terpisah begitu lama.

Dewi Rengganis pun minta dibuatkan Danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah
pulau yang berbentuk hati (pulau sasaka atau pulau asmara)

menurut cerita ini, yang singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara, akan senantiasa mendapat cinta yang abadi seperti mereka (mitos masyarakat patengan)

picisan banget yak?🙂 , kamu percaya?. Ini gambar batu cinta nya

batu cinta

Kloter pertama singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara, kloter kedua hanya mengelilingi pulau asmara dan tidak mampir ke batu cinta karena gagal merapat🙂. Terlepas dari segala mitos diatas, pemandangan disini emang buagus banget, bener2 cuci mata, dan menyegarkan pikiran, subhanallah. Aku sempat mengambil beberapa foto. Wilayah danaunya pun masih terjaga dan dirawat, apa karena dijadiin objek wisata ya?. Danaunya, kebun teh nya, pemandangan kaki gunung.. wah!!, subhanallah!!

“.. Ya Allah, tiadalah Engkau Menciptakan ini dengan sia-sia. Mahasuci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa api neraka.” (QS 3:191)

danau

dan ini foto yang paling Romantis.. hehehe🙂

bareng uqi

pesan sponsor : baca juga catatannya arif di sini dan sini, juga kisah putri cirebon di sini

Categories: Life.. oh Life.., Sightseeing | 28 Comments

Post navigation

28 thoughts on “journey to ciwidey

  1. jijay banget sih fotolu ama uki
    iiiy…
    duh foto2 yg di kamera gw ilang semua

  2. Setuju Cup! Ini salah satu jalan2 paling menyenangkan yang pernah sy lakukan. Apalagi bisa ngariung sama temen2 ikhwan dan akhwat lainnya di IF03. Cuma agak sayang yg ikut ga begitu banyak. Foto2 ama perjalanan di perahunya yg paling seru ya Cup. Eh, jgn lupa sharing2 foto. Foto2 di hape km di upload dimana?

  3. yap. setuju sama cup n dibon. kuharap para tukan blogging yang ikut kemarin menuliskan kesannya masing-masing di blognya.. soalnya banyak yang unik.. di setiap mobil yang berbeda, di setiap kapal yang berbeda🙂

    ditunggu tempat foto-fotnya!! yang di aku insya4JJI kuuplot hari senin, ingatkan yaaa!!

  4. eko iseng

    saya juga setuju, benar2 romantis🙂

  5. @dwi, eko iseng : katanya kan kalo ke batu cinta dapet cinta sejati.. ups bukan uki cinta sejati gw, maksud gw, kami bakalan dapet cinta sejati.. ya iya lahh🙂

    @diBond : sebagian di flickr, senen deh gw taro ‘hom’ gw

  6. Sayang, kemarin aku hanya ikut terombang-ambing di tengah danau. Hehe, tapi bagus kok. Cukup enak buat refreshing. Aku udah aplod juga beberapa foto yang kuperoleh kemarin {tapi aku tidak memfoto akhawat sama sekali}. Serta jangan lupa 10 tahun lagi.😀

  7. ke ciwidey kemaren mang asik banget. rugi yang pada kaga ikut. bener2 perjalanan yg menyenangkan😀

  8. hayo.. yang ningggalin saya d labtek V sapa..
    ngacung.. kayanya dia sesat de..
    dah biasa kayanya.. hahahahha…
    dah dibilang gada pulsa juga… brangkat ko ga ngasi tau..

    Feb, om win pake embel2 d blog roll..
    saya ko engga… wkwkwkwkkw… exist bo..

  9. ajag

    huehuehue…. gw ikutan ngisi juga ahhh… kemaren asik banget euy! dijamin bakal keinget terus ampe tua, hehehe… walau sebenernya klo dipikir2 kegiatan kita di sana kebanyakan foto2nya, tapi karena dijalanin bareng2 jadi berkesan banget🙂 … terutama pas terombang-ambing di atas perahu… tegang banget tapi asyikk!!! abis uas kita jalan2 lagi yuk!!!

  10. Setuju aja kk..

  11. Pingback: What a wonderful world... « Bond’s Blog

  12. Mendayung for Dummy.
    Parah feb, ya ga ada laaah. lagian kalo kota bener-bener merhatiin cara mendayung si emang-emangnya sebenernya kita juga bisa. cuma aja kayanya ekonya ga meratiin sebelum praktek jadi gagal jadi kapten yang baik. :))
    Tapi asyik ko ngedayung sendiri juga.
    Semoga aja perjalanan kita kemaren benar-benar bermakna. bagi pribadi sendiri ataupun bagi hubungan muslif semuanya

  13. Saladin

    Sori yang atas postingan daku. salah nama

  14. Hehe, meski ga ikut, ikutan komentar ah.
    Tempatnya emang bagus banget! Gw ampe ga nyangka ada tempat seperti itu di Bandung. Salah ni orang-orang Jakarta yang dateng ke Bandung buat FO dan makan doang. Mendingan mereka ke sini sama kawah putih.

  15. @ defindal : Sya ampyun, ente ternyata mau ikut juga kapten, kenapa gak bilang ane dulu, taui gitu ntar dibangunin, dan dijemput🙂 ,
    Btw udah ane kasi embel embel tuh🙂

    @Saladin : sudah diperbaiki

    @brahmasta : iya!, setuju banget secara di jakarta udah banyak FO banyak cabang FO bandung ada di jakarta lagi, duh kemaren juga ada rencana dan sedikit omong-omong mau ke kawah putih tapi takut kemaleman dan ibu2 itu maunya ke strawberry land.. hehe🙂

  16. pas jalan-jalannya si asik banget, tapi pas pulang tiba-tiba saya sakit perut, mencret-mencret, plus kepala pusing-pusing, kebanyakan mecinn!!!

  17. kamu kebanyakan mecin di mobil Yus tuww,..
    makanya bagi2..😀
    tp, aku jg jadi meriang2 ga jelas nih 2 hari terakhir,
    haachiiiim….haachiiiim….hhhh…

    tapi bener2 menyenangkan..

    haachiiiim….haachiiiim….
    slurpss…slurpss…
    hhh..

  18. eh kamu refers to Cuco ya.. ^,^

  19. vie

    batu cinta???????
    aku juga pernah kesana!!!!!!!!
    pas lagi ujan???????????
    empuk lho

  20. cinTa???????????????
    apaKaH aRty cIntA Yg SEsuNGUhNyA Aqu gK tW…….
    CINta itU ApAkaH MeNyaKItKaN N’ dApaT MeMBwt QTa bAhaGia?
    MENgaPa cIntA DAtaNG SA’At tAk Ku bUtUHkaN?
    DAN MENGaPA CinTa pErgi SA’At QTA MuLai mEnCiNta?
    MEngApa cInta MENyAkiTkaN?
    CIntA Qu bKn uNtUk LAwAn jEniS qu SAja,mElAinkAn uNtUk sYApa SAJa yG BuTUh kU CInTa,taPi menGaPA SAmA SAJa?
    heHeH3 kGk nGarTi yAK?gW jG gK nGErTi nGoMonG aPaAn mA’aF yA gW Lg nGelANtuR………….maKLum Lg paTah haTi hihihihihihihihihih………….yaWdaH dEh,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,maKasiH Yak dh mW bACa cuRAhan hatI GW ThanKS ……….,.,.,.,.,,..,..,,,,,,,…

  21. arams

    q yg blon thu nie.. batu cinta… jdi pengin nie…. ikutan donk! Sbenre dimana c tmpate? Denger critanya jadi pengin banget… ksana.

  22. Cinta
    Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.
    Para pakar telah mendefinisikan dan memilah-milah istilah ini yang pengertiannya sangat rumit. Antara lain mereka membedakan:
    1. Cinta terhadap keluarga
    2. Cinta terhadap teman-teman, atau philia
    3. Cinta yang romantis atau juga disebut asmara
    4. Cinta yang hanya merupakan hawa nafsu atau cinta eros
    5. Cinta sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
    6. Cinta dirinya sendiri, yang disebut narsisme
    7. Cinta akan sebuah konsep tertentu
    8. Cinta akan negaranya atau patriotisme
    9. Cinta akan bangsa atau nasionalisme
    Beberapa bahasa, termasuk bahasa Indonesia atau bahasa Melayu apabila dibandingkan dengan beberapa bahasa mutakhir di Eropa, terlihat lebih banyak kosakatanya dalam mengungkapkan konsep ini. Termasuk juga bahasa Yunani kuna, yang membedakan antara tiga atau lebih konsep: eros, philia, dan agape.

    Mendefinisikan cinta
    CInta adalah perasaan simpati yang melibatkan emosi yang mendalam Menurut Erich Fromm, ada empat syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu: 1. Knowledge (pengenalan) 2. Responsibilty (tanggung jawab) 3. Care (perhatian) 4. Respect (saling menghormati)
    Seperti banyak jenis kekasih, ada banyak jenis cinta. Cinta berada di seluruh semua kebudayaan manusia. Oleh karena perbedaan kebudayaan ini, maka pendefinisian dari cinta pun sulit ditetapkan. Lihat hipotesis Sapir-Whorf.
    Ekspresi cinta dapat termasuk cinta kepada ‘jiwa’ atau pikiran, cinta hukum dan organisasi, cinta badan, cinta alam, cinta makanan, cinta uang, cinta belajar, cinta kuasa, cinta keterkenalan, dll. Cinta lebih berarah ke konsep abstrak, lebih mudah dialami daripada dijelaskan.
    Cinta kasih yang sudah ada perlu selalu dijaga agar dapat dipertahankan keindahannya

    Cinta antar pribadi
    Cinta antar pribadi menunjuk kepada cinta antara manusia.
    Beberapa unsur yang sering ada dalam cinta antar pribadi:
    • Afeksi: menghargai orang lain
    • Ikatan: memuaskan kebutuhan emosi dasar
    • Altruisme: perhatian non-egois kepada orang lain
    • Reciprocation: cinta yang saling menguntungkan
    • Commitment: keinginan untuk mengabadikan cinta
    • Keintiman emosional: berbagia emosi dan rasa
    • Kinship: ikatan keluarga
    • Passion: nafsu seksual
    • Physical intimacy: berbagi kehidupan erat satu sama lain
    • Self-interest: cinta yang mengharapkan imbalan pribadi
    • Service: keinginan untuk membantu
    Energi seksual dapat menjadi unsur paling penting dalam menentukan bentuk hubungan. Namun atraksi seksual sering menimbulkan sebuah ikatan baru, keinginan seksual dianggap tidak baik atau tidak sepantasnya dalam beberapa ikatan cinta. Dalam banyak agama dan sistem etik hal ini dianggap salah bila memiliki keinginan seksual kepada keluarga dekat, anak, atau diluar hubungan berkomitmen. Tetapi banyak cara untuk mengungkapkan rasa kasih sayang tanpa seks. Afeksi, keintiman emosi dan hobby yang sama sangat biasa dalam berteman dan saudara di seluruh manusia.

  23. Noplina

    kyknya tempatnya seru ne….?

  24. kurniawan

    assalamualaikum ? pemandangannya bagus sekali.kalau mau yang lebih bagus lagi berkunjunglah ke salah satu tempat yang kami idamkan yaitu di riau

  25. Sheva

    Fotonya bgus banget. pengen dech…
    Met kenal.
    Btw tulisan tentang cintanya OK’s juga tuch!!!!
    Hee…🙂

  26. pnting gk sih cnt itu…cnt hnya bwt bhgia seseorng itu smentara…tp mmbwt mnangis slamanya…jd intinya cnt gk usah dcari..krna cnta yg sejati itu bkalan dtng sndri…ok..bye…

  27. aiko

    kok loe gitu seh? padahal cinta itu bararti banget buat seseorang. kenepa si lo mandang cinta dengan sisi negatif? padahal cinta ga cuman dari some one yang menyatakan cinta tapi dari ortu or sahabat juga why not. intinya cinta itu indah dan jangan pernah kamu takut jatuh cinta keyzzzzzzzz!!

  28. masih ad y batu cinta??????????????????????????????????????????emg pntng y?tersrh lah orng 2 nmng ap.yg pentng q dah muuuuuuuuuuuuuuuuuuuuak!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!dg CINTA.bedebah.btw, knp gagh da batu sahabat???????????????????????????????????/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: