bromo-tengger-semeru

Masih nyambung dengan postingan sebelumnya, masih di sekitaran malang, kali ini tujuan selanjutnya. Hari selanjutnya kami langsung bersiap menuju bagian utara kota malang, ke kawasan bromo tengger semeru.Perjalanan menuju kesini ditempuh dengan menggunakan angkot menuju tumpang dari kota malang, kemudian menyewa jeep sampai ke daerah tengger.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki keunikan berupa laut pasir seluas 5.250 hektar, yang berada pada ketinggian Β± 2.100 meter dari permukaan laut.

kawah bromo

pemandangan ke kawah bromo

Di sekitar gunung bromo terdapat, gunung kursi, gunung jantur, gunung ider-ider, gunung batok, gunung kepolo, dan pastinya gunung semeru.. the highest point in Java Island. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah Β± 800 meter (utara-selatan) dan Β± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. Kita bisa mencapai hingga puncak kawahnya, dan merasakan debu belerang yang kuat. Kawah bromo bisa diputari, maksudnya dikelilingi dengan berjalan kakai. Cuma kayanya ngeri banget, kalo misalnya ada angin, salah-salah kita bisa terjun ke kawah atau malah terjun ke kaki gunung.

Di padang pasir bromo, terdapat pura yang digunakan sebagai tempat ibadat agama Hindu Tengger. Suku Tengger yang berada di sekitar taman nasional merupakan suku asli yang beragama Hindu. Menurut legenda, asal-usul suku tersebut dari Kerajaan Majapahit yang mengasingkan diri. Uniknya, melihat penduduk di sekitar (Suku Tengger) tampak tidak ada rasa ketakutan walaupun menge-tahui Gunung Bromo itu berbaha-ya, termasuk juga wisatawan yang banyak mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pada saat Upacara Kasodo.Yang istimewa di tempat ini?. kawah gunung bromo dan view gunung bromo dan sekitarnya jika dilihat dari penanjakan juga Sunrise yang diliat dari penanjakan. Bromo ternyata adalah sebuah gunung yang dikelilingin pegunungan dan dibatasi padang pasir yang sangat luas, uniknya pegunungan itu lebih tinggi dari gunung bromo sendiri, misalnya gunung batok dan penanjakan.

Di penanjakan inilah spot terbaik untuk melihat ke arah pegunungan bromo, juga, di penanjakan disediakan semacam tribun untuk melihat matahari terbit dari timur gunung bromo. Pergeseran dari subuh menjadi pagi benar-benar luar biasa, ketika cahaya matahari perlahan menyapu sebagian bumi hingga seluruhnya terang dan mentari tepat diatas horizon, luar biasa!!!

kawah bromo

surrounding bromo dilihat dari penanjakan

Untuk mencapai kawasan ini bisa dicapai dari tiga titik, dari pasuruan, probolinggo dan dari tumpang tadi. Pemandangan terbaik dijumpai ketika memilih jalur dari tumpang. Namun trade-off nya, medan yang dilalui sangat berat sehingga harus menyewa jeep. Jika hanya ingin ke penanjakan saja bisa menempuh jalur lewat probolinggo yang sudah diaspal penuh.Sebenarnya masih ada beberapa tempat yang akan dikunjungi, semeru !!, ketika melihat foto dari orang yang baru turun dari semeru, dan terlihat matahari hanya sejengkal dari kepalanya.. jadi inget padang mahsyar.

Yup, suatu hari aku akan kesana lagi, semeru..

Powered by ScribeFire.

Categories: Cuap-cuap, Life.. oh Life.., Sightseeing | 35 Comments

Post navigation

35 thoughts on “bromo-tengger-semeru

  1. kapan ya gw ke Semeru ??? keren banget tuh pemandangannya.πŸ˜€

    -IT-

  2. Wuih… kemaren gak sempat mampir ke kosanku ya feb? schedulenya kaya’nya padat banged…

  3. sori.. waktu itu mau mampir, tapi di tempat singgah di monjali itu malah jalan2 dan tidur..πŸ˜‰ nextime lah bro

  4. walah kapan yah bisa kesana…πŸ™‚

  5. waduh gw baru naik ke Gede akhir juni lalu feb ama ank2 ABG. habis itu pengen ke Semeru jg euy… katanya tgl 17 agts bkl ada rame2 tuh. tp berat di ongkos… :p

  6. gile … keren banget feb …
    pokoknya suatu hai nanti gw mesti ke sana .. soalnya gw suka banget ama wisata alam kayak gitu ..

  7. @day : emang tiap 17 Agustus ada upacara di pUncak semeru sana, upacara di ketinggian 3676m.. ntah pa pa lah itu..

    tiap di bulan agustus jumlah kunjungan mencapai 1700 orang.ck ck ck..

    @Widya : Emang indah banget… sunrise nya itu loh. kagak nahaanπŸ˜‰
    ayuk kesana lagi, ajakin yang laen juga.. hehe

  8. pengen juga ke bromo nih

  9. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki keunikan berupa laut pasir

    mungkin maksudnya lautan pasir kali ya..

    gua juga pengen ke semeru lagi..

  10. pita

    warga sma 9…..
    khususnya bensol
    maw ngadain kunjunganb ke tengger loh
    ney eksistensi warga sma 9…..
    yg gk cm du2k d kelas tp jg mempelajari suku2 d indonesiaaaaaaa………………….

  11. Ade Wijaya

    boos…gue minta petunjuk dong….klu ak mau pergi ke arah bromo ambil jalur dari pasuruan itu gmna? kasih tau arahnya ya……rencananya ak mau pergi tgl 18-08-07…cepetan bales boss plezzzz

  12. kirin

    saya juga mau ada rencana ke bromo
    plzz ksh tau jalannya.

    tx

  13. arifa

    wuah….
    ak jurusan ekowisata ipb mw PKL dibromo bisa gak ya????rencana sekitar bulan januari,,,,
    klo bisa gmn caranya y???cz ak tertarik banget ma TNBTS ini……
    bantuin dunkz….
    makacie….^_^

  14. woiii kawan2… pala seindonesia,,,,
    ni q e_boy neh dr. Geopala (geografi pecinta alam) UNESA…
    kpn2 qt mw adain naek mahameru bareng yuuk!!!!
    kn Enak Rame2 Gtzuuuu!!!!!!!!!!!

  15. oizoooo lupa neh gw… ntar kawan2 pala klo da yG mw bkin acara gtu,, ajak qt2 dong,,,,mgkn ja,,, qt bs gbunk gtu….
    hub gW j Dsni 058655088356 (E_Boy)

  16. ryeko amami

    Q PENGEN BANGAT KESANA NTAR LO Q DA LU2S Q PENGEN BANGET KBROMO,CZ Q BLOM PERNAH KESANA MAKLUM ANAK MAMI………heehee,lo udax ujian uan mo kesana hub aq di no 085232408127 key jangan lupa lohkk @_@

  17. dyan

    qpernh kstu lo……

  18. pejuang

    aku pengen

  19. kapan ya gue bisa ke sono lagi?ntuk liat kebesaran ciptaan Tuhan yg alamak

  20. tanto

    Selama mimpi itu masih ad n keinginan yg sungguh2 menapakkan kaki d puncak mahameru tinggal menunggu waktu…
    trus kapan…???…:-o…!!!

  21. Rozee

    Di gunung Bromo terlalu banyak kisah untukku. Di sana aku pernah mengenal seseorang dan di sana pula aku berpisah dengannya. Aku berharap suatu saat aku dapat bertemu kembali denganya di sana…. di gunung bromo

  22. aryo

    bakso bromo juga enak

  23. klo prgi ngajak2 dong

  24. gw baru aja pulang dari Bromo, keren banget deh!

  25. DINI

    kpan y gw bs dtang k BROMO?

  26. besok ah pengen k sono…

    sadis kaya lagunya afgan??

  27. lina

    kapan anak KOPAS Edelweis bisa berangkat ke semeru, mudah2an impian kami akan terwujud suatu hari nanti. amin
    Gue pengen banget berangkat ama anak2 Kopas. by lina Kopas
    Salam Lestari n Inter Arma Caritas

  28. keysha

    DuCh……..Duch……….Duch….

    SeBel BgT ……………….KpAn NiCh QtA KumPuLLLLLLLLLLLLLLl……………………………..

  29. fatin cute princess

    lu rilek one corner sua……………………hahahaha jgn marah ye……..

  30. Foto bromonya kok mirip sekali dengan fot yg diupload di Fotografer.net di link ini http://www.fotografer.net/isi/galeri/lihat.php?id=885142

    Sebenarnya ini foto mas Setiadi apa bukan

  31. mas, itu file aslinya ada disini
    DSC00286

    (login dulu ke flickr biar bisa liat meta nya)

    disitu kan ada meta nya, taken with Sony Ericsson W810i, Taken on July, 14, 2007.

    kalo penjelasan saya, kenapa fotonya mirip, karena lokasi fotonya sama, dan sudutnya sama persis, di penanjakan memang disediakan tribun untuk memotret, dan memang disitu viewpointnya.

    Thanks

  32. bayu

    joz gmn kmrn ke merbabu, asik bgt kan?? u ce ngajak lewat selo… jadi remek kabeh arek2..klo mau traveling ma anak geopala hub. kera : 085655769096. mesti tak ajak Bro…!!!

  33. autumn

    pengeeeen kesanaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa………………

  34. fu

    alhqamdulillah liburan kemaren bisa juga ke gunung bromo

  35. keokeokiung

    hai hai
    ako dari murid SMA sultan agung 1 semarang.
    ako cuman pgen ngumung ajah .
    klo dsana itu sngat DINGIN bgd
    heheheh ^^
    pissss …πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: