Segara anakan.. so called laguna

Melanjutkan postingan sebelumnya, setelah bisa melangsungkan seminar Tugas Akhir pada tanggal 2 juli. aku memutuskan untuk berlibur!, iya berlibur, sudah mencapai titik jenuh rasanya!, dan ingin melakukan sesuatu yang baru atau mengunjungi tempat yang baru.

Selesai seminar dan langsung kabur ke jakarta (bahkan sampe lupa bawa berita acara perbaikan Tugas Akhirnya😛 ), besok sorenya sekeluarga memang merencanakan pulang ke kampung halaman ku di kebumen sana. Setelah balik dari kebumen, sore hari tanggal 9 sudah dijakarta lagi, dan bersiap-siap menuju malang pada tanggal 10 juli

Setelah melewati perjalanan yang sangat melelahkan dengan kereta ekonomi sekitar 13 jam, sampai lah di kota kediri, dan kemudian naik bus menuju malang. Perjalanan melewati kota batu yang tampak indah di sore hari menjelang malam, mirip sekali dengan di puncak, banyak spot yang menyajikan view bagus ke arah lembah.

Sampai di kota malang langsung menuju gadang, dan menuju turen, selanjutnya sendang biru (sekitar 70 km selatan kota malang), tujuan pertamanya memang pulau sempu.

Pulau sempu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan pulau jawa, berada di kabupaten malang, jawa timur, pulau ini termasuk kawasan cagar alam yang dilindungi pemerintah. Perjalanan menuju pulau yang sangat eksotis. Pulau Sempu terletak lepas di laut selatan menawarkan indahnya laguna di tengah pulau beserta batu karang di sekeliling pulau.

Apa sih yang spesial dari pulau ini?

senpu

pulau sempu

Dengan kondisi alamnya yang kaya akan flora dan fauna langka yang masuk daftar Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) katanya, Pulau Sempu tidak dibangun menjadi wisata sebagaimana biasanya. Sehingga tidak ada fasilitas akomodasi di pulau tersebut. Kalau mau bisa mendirikan tenda di pulau itu, tentu dengan seizin petugas pengawas cagar alam yang berkantor di Sendangbiru yang terletak tepat di seberang Pulau Sempu, oh iya bahkan harus membayar ke badan konservasi hutan, jika ingin masuk ke pulau itu.

Selain itu, Keindahan lain yang bisa ditemui di Pulau Sempu adalah bagaimana bisa berenang di air yang amat jernih tanpa harus takut terseret gelombang. Apalagi mengingat perairan sekitar pulau ini adalah perairan laut selatan atau Laut Indonesia yang bergelombang besar. Airnya memang jernih sekali, banyak ikan yang berenang kesana kemari.

Selain itu ada sumber air payau, telaga lele, dan pantai pasir putih, juga ada goa macan yang katanya masih ada macannya. hmmm.. macan.

Yang paling spesial, Di Sempu terdapat telaga yang disebut dengan Segara Anakan. Tempat ini lebih mirip telaga kecil yang dikelilingi batu karang yang membatasinya dengan laut. Suplai air ke telaga ini berasal dari karang yang berlubang besar di tengahnya, yang secara periodik menyajikan pemandangan indah percik-percik air deburan ombak yang menghantam karang. Sebagian air itu mengalir masuk ke Segara Anakan.

Segara anakan inilah yang disebut Laguna, Laguna (atau lagoon dalam bahasa Inggris) adalah sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir, batu karang atau semacamnya. Jadi, air yang tertutup dibelakang gugusan karang (barrier reef) atau pulau-pulau atau didalam atol disebut laguna.

Ingat film the beach yang menceritakan laguna rahasia di pedalaman thailand??, wuih, ternyata Indonesia juga punya!, dan engga mesti ke pedalaman amat, hehe. Laguna tadi bisa di jumpai di segara anakan, menurutku waktu paling ideal mencapai segara anakan ketika pagi hari, dan air belum terlalu surut, luar biasa!! Gelombang air laut sering mencapai celah yang ada di tebing itu, dan seakan tumpah ke laguna dalam sekali sapuan. Petugas sudah mengingatkan agar tidak memanjat tebing tadi, meski aku sempat mendekat beberapa meter, ketika ga ada ombak.. hehe.

Laguna tadi bisa dicapai dengan perjalanan 1 jam dari tempat turun dari perahu. Jauh emang, naek turun lagi. Tapi semua terbayar ketika menyaksikan keindahan laguna tadi, dan melihat lautan selatan indonesia dari balik tebing… Allahu Akbar!!

segara anakan

segara anakan

Paling enak kalo ke pulau ini bawa makanan yang buanyak, trus kalo emang merencanakan nginep, bawa air bersih yang banyak, karena sumber air tawarnya jauh dari segara anakan. Selanjutnya.. enjoy the life..

Sebelumnya aku memang belum pernah ke laguna, dan memang indah sekali laguna yang satu ini, mudah2an suatu saat bisa kesana lagi..
ada yang mau kesana lagi?🙂

Powered by ScribeFire.

Categories: Cuap-cuap, Life.. oh Life.., Sightseeing | 21 Comments

Post navigation

21 thoughts on “Segara anakan.. so called laguna

  1. duh, jd pengen ke Pulau Sempu jg nih…
    pengen bgt liat laguna-a itu… kyk-a bnr2 indah!!
    trus shooting jg deh kyk film the beach gitu.. he5x..
    (emng-a gue artis kalee.. :p )

  2. Saladin

    pengen liat saat air masuk lagunanya. ga kebayang. tar kesana ah, kalo lagi kepengen :p.

  3. jadi inget serial mtv Laguna Beach….

  4. raja

    ow ow ow……….

    dasar lo feb jelek…….

    liburan gak ngajak2…..

    tiba2 dah marah2 sama gw aja gara2 nyari angkot buat pulang ke bandung dr malang……….

    dah githu ternyata dah lulus lagie??????

    Selamat ya…….

    eh ngomong2 nie febrian yang mana ya????

    hahaha🙂

  5. novan

    kalopun segara anakan bagus, kayaknya itu ga akan bertahan lama dech. cz sbentar lagi kita akan liat segara anakan jadi daratan n nyatu ma pulau jawa. citanduy…citanduy kok tega banget seeeech ma segara anakan. citanduy……………mau disudet donkk.

  6. ngga ada kata lain selain, eksotis !!!

  7. ravi

    untuk ke pulau sempu naik kapal apa? berapa jam?

    sebenarnya bisa ditempuh dengan jalan kaki, pulau sempu hanya berjarak 200-300 m dari sendang biru, malah, ketika sore hari air laut diantara pulau sempu itu surut, dan kita bisa berjalan kaki, namun itu bisa merusak biota air nya, seperti karang laut.
    Pagi hari ketika air laut pasang, diharuskan menggunakan kapal perahu yang bisa disewa di sendang biru, ketika air laut pasang pun, meski ketinggian air hanya setinggi paha manusia dewasa, kita tidak boleh berenang ataupun berjalan kaki, karena ada species ubur2 yang berbahaya.

    Pulau sempu terlihat dari sendang biru, sebenernya kurang tepat disebut pulau, karena itu seperti daratan yang terpisah dari pulau jawa bagian selatan.

  8. yudi

    aq pernah sana
    waktu itu abis ada badai
    planing awal sih keliling sempu, tp g bs soale akses jln putus.
    pohon2 banyak tumbang, oya msh ada harimaunya yg singgah di kemah kami mau ikut hangatin badan dekat api. klo mau kamp hrs bawa tandon air, sumber air tawar jarang ditemukan hanya beberapa tempat aja. yg ada misi kesana moga sukses!!
    usahain kesana pas bulan purnama biar lebih indahh

  9. ehmm mw ngomg paa yakz..? yg jls t4 ini adl tmpt impian gw. uda lama gw ngebet pgn maen ksana, tp apa daya doit tak sampai ha4…
    kmrn ntu gw bis prktk jur d alas purwo, but…g smpt mpir ksna hu4..
    segara anakan…i’ll be there!!!

  10. packdhe

    mas bisa diperinci nggak biaya2nya? jadi khan kita bisa ngitung2 habis berapa trus klo dah cukup duitnya bisa lansung kesana.
    hehehe
    maap merepotkan.

  11. keren banget, jadi ku pengen ke sana….
    kapan ea????
    jadi pengen cepet2 mimpi dulu k sana.

  12. ELFAN FADILLAH

    saya juga pas denger crita dari nak knpa itb y pernah kesono jadi pengen juga. insya allah abis wisuda ahhhhh………………………….

    sumpah cakep banget, lum kesana ja dah merinding………….

    salam rimba

    PALAPA BANDUNG (POLTEK PAJAJARAN)

  13. BERTHA WALANGITAN

    wahhh……ketinggalan jaman dong gw…keburu kawin sehh jd blum sempat ngaprak euyyy…kumaha ???????…..hoyong atuhh,..ningali sagara anakan”soon’l’ll be there…..

  14. A'Chris't

    wow…. TOP BGT.
    bulan depan kubawa dech temen2 kantor ke sana…..tungu ya pulau sempu

  15. Kelihatanx boleh juga tuh . .
    Prepare uang dlu buat kesana . . Hehe . .

  16. duniksan

    memang hebat ciptaan Allah swt,gue jdi pengin kesitu indah bener klw reunian disitu bsa cipika cipiki

  17. Nanang Soenarko

    aku pernah kesana…emang bener-bener indah, sepanjang perjalanan juga sangat enak untuk dijadikan kenangan, dengan pemandangan indah dan warganya yang ramah menambah pesona alam di sana…mau..??

  18. nisa

    thanks infonya bagus bgt…jd pengen cepet2 kesana…

  19. Saya yang nota bene orang Malang malah ga pernah ke Segara Anakan ini. Pantai Sendang Biru-nya sih pernah, tapi belum pernah nyeberang ke Pulau Sempu, apalagi ke laguna yang cantik ini. Semoga sekarang tetap bersih. Tapi tampaknya tetap begitu kok. Posting seorang teman yang baru-baru ini mengunjungi Segara Anakan bisa disimak di http://peepindonesia.com/segara-anakan-lagoon/

  20. kang raiza pakabar nih🙂 masih di uk?😀

    dari IP nya sih jauh banget dari sini, hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: