Boost your Salary with certification

Salah satu keunggulan dari seorang SDM IT adalah keunggulan De Jure, yaitu keunggulan yang diperoleh seseorang karena gelar yang dia dapatkan dalam pendidikan akademis (degree), juga selain itu ada sertifikasi yang didapatkan dari ujian yang dikeluarkan dari lembaga / vendor sertifikasi (certification).

Majalah certmag dalam edisi desember 2009 membahas tentang survey gaji para pekerja IT di seluruh dunia, survey ini melibatkan lebih dari 4000 para professional IT di lebih dari 150 negara di seluruh dunia. Validitas dari hasil survey ini bisa dilihat dari metodologi surveynya, yang juga bekerja sama dengan Litchfield Research, sebuah lembaga research independen yang telah melakukan survey di lebih dari 60 industri berbeda.

Mayoritas responden memiliki gelar sarjana 42%, 22% adalah master, dan sisanya bukan sarjana. Sedangkan dari komposisi usia, kurang dari 16% berusia 35-39 tahun, kurang dari 10% berusia 40-44 tahun, 7% berusia 45-49 tahun, dan sisanya diatas 50 tahun. Berarti yang disurvei minimal telah memiliki pengalaman setidaknya 10 tahun kerja.

Berikut hasil survey untuk beberapa certification yang sering terdengar😀

*) selengkapnya ada di majalah certmag

Cisco dan Juniper adalah vendor untuk solusi network,  Brocade untuk storage dan datacenter,  Oracle untuk database, Sedangkan sun banyak dipakai sebagai operating system di level  enterprise. Sedangkan EC-Council dan ISC adalah vendor sertifikasi non perangkat.

CISSP-ISSAP, BCSM, BCFD dan CISSP-ISSMP menduduki peringkat teratas dalam hasil survey. Untuk CISSP-ISSAP rata-rata pertahunnya adalah $136.060 per tahun, atau sekitar 100 juta sebulan, wow, jumlah yang cukup besar😀

Sedangkan Cisco, yang banyak terdengar di Indonesia, juga seperti Microsoft, tidak masuk dalam top 5 dari sertifikasi yang bergaji terbesar, CCNA rata-rata gajinya 70 juta sebulan. Begitu juga seorang Juniper Networks Certified Internet Associate yang dihargai sekitar $8000 dolar perbulannya.

Tentunya sertifikasi harus dibarengi dengan Technical Skill dan Hands-on Experience. Himawan Nugroho dalam sebuah tulisannya pernah bilang :

I said it once that certification means nothing without experience. Passing even a very tough lab exam such as CCIE doesn’t turn us to become real expert directly. Certification can only offers the baseline set of skills, and we should build our expertise on top of these skills, not in lieu of them.

Categories: Agak Serius, Dunia Kerja | Tags: , , , , , , | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Boost your Salary with certification

  1. owh.owh, gitu tho..
    klo aku berarti yg memungkinkan CISSP, biar gajinya gede..
    hak.hak.hak..😀

  2. wah keren bos….
    sertifikasi memang penting, tp apakah lapangan kerja yang ada cukup memadai dan mau membayar untuk yang ber certified..case @indonesia.
    ato yang expert memang selayak nya overseas..kah??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: