Getting #39090 part 1

Post ini akan bercerita tentang perjalanan saya meraih nomor CCIE pada tanggal 24 April kemarin, sebuah perjalanan hampir 1 tahun untuk mendapatkan title tersebut, Alhamdulillah, i made it in very first attempt🙂

ccie

CCIE-RS Certified

CCIE adalah sertifikasi level expert yang dikeluarkan oleh Cisco Systems sebagai vendor penyedia perangkat Telekomunikasi, khususnya IP Networking, produk yang umum dijumpai adalah Router, Switch dan Access Point. Penulis bekerja di salah satu Operator Penyedia Layanan Telekomunikasi terbesar di Indonesia, di bidang IP Networking, sehingga banyak berinteraksi dengan perangkat cisco.

Sertifikasi CCIE banyak dikejar oleh para IP engineer di seluruh dunia, dan merupakan pencapaian, emblem, pengakuan, dan entitlement terhadap profesinya, jokesnya adalah; anda belum menjadi Network Engineer jika belum memiliki nomor🙂 , tentunya nomor yang dimaksud adalah nomor CCIE. Jumlah CCIE di seluruh dunia sekitar 20.000 dan di Indonesia hanya sekitar 150, dan mostly ada di luar negeri.

Biaya ujiannya $1500 atau $1750, hanya sekitar 3% dari cisco certified yang CCIE, dan sekitar 5-10% yang lulus di kesempatan pertama, average nya adalah hampir 3x, selain uang, perlu juga menginvestasikan waktu, dan luck😀, seorang kawan berujar CCIE adalah sebuah gerbang dimana Niat, Otak dan Dompet menyatu utk mencapainya.. tanpa salah satunya saja, itu hanyalah mimpi, haha. Waktu itu saya belum kepikiran gimana cara menginvestasikan uang, pikiran dan luck! dalam mengejar CCIE ini, dan memang belum ada persiapan sama sekali🙂

Di perusahaan saya, engineer yang CCIE certified saat itu baru 2 orang, orang pertama menempuh dengan 4x ujian, dan orang kedua meraih CCIE nya dengan 2x ujian, terus terang, fakta itu cukup membuat saya agak pesimis ketika ingin mengambil ujian ini, karena kedua orang kawan tersebut sudah expert dan belajarnya juga udah gila-gilaan, tapi belum bisa langsung lulus😦

Adalah, INE yang menawarkan sponsorship untuk meraih sertifikasi ini, well, satu ketika sedang kebagian shift malam (NOC -turnal engineers), saya mencoba menulis essay sebagai syarat untuk mendapatkan sponsorship ini, essay ini seperti motivation letter kalo kita mengurus beasiswa, didalamnya berisi alasan mengejar ccie, setelah ccie mau kemana, mau ngapain, dan cerita perjalanan karir hingga saat ini, jadilah saya mempersiapkan dan meng-compile essay dalam 2 halaman tersebut dan langsung di submit H-1 sebelum deadline, (essay saya bisa dilihat di sini), tepat jam 7.02 pagi di ujung shift malam sebagai NOC (turnal) engineer, saya submit essaynya, berikut timestamp nya😀

sent

Saat-saat setelah mengirim aplikasi

21 Juli 2012, di hari pertama ramadhan 1433 H, pengumuman kelulusan dari sponsorship ini keluar, saya melihatnya pertama kali di halaman facebook ine dan wow!, ternyata nama saya masuk dalam salah satu winner dari Asian Region, surprise banget, karena essay nya pun biasa banget ga ada istimewanya sama sekali😀

Kemudian, perjalanan ini dimulai………

to be continued…

Categories: Life.. oh Life.. | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Getting #39090 part 1

  1. Pingback: Getting #39090 part 3 (end) | . : write anything

  2. Pingback: Getting #39090 part 2 | . : write anything

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: