Getting #39090 part 3 (end)

Postingan ini adalah bagian ketiga, bagian terakhir dari 2 postingan sebelumnya yang bisa dilihat di sini dan sini, happy reading🙂

Kedatangan di Hongkong

Siang hari, tanggal 20 April 2012, setelah sesi belajar bareng di Gambir pada jumat malam, sabtu pagi saya pulang ke rumah dan tidur siang, ditengah tidur siang, ada telp dari nomor yang tidak saya kenal, ternyata dari CS nya Garuda!, “pak setiadi besok terbang ke hongkong ya, flightnya GA576 dan jangan lupa checkin 2 jam sebelumnya”, HAH?, bukannya berangkatnya tanggal 22 yaaa?, oops ,ternyata flightnya itu 21 April, saya salah lihat tanggal rupanya🙂, langsung terbangun dan jadilah mulai packing untuk besok, well kalo nggak ditelp garuda mungkin saya sudah ketinggalan pesawat dan ga jadi dapat nomor, haha, jempol deh buat CS nya Garuda yang ngingetin kapan kita terbang😀

IMG-20130421-00812

Boarding Pass

Packing done, passport done, tukar uang secukupnya done, flight GA576 boarding jam 11.30 pm, saya sudah sampai bandara jam 9.30, masih ada 2 jam lagi, ngapain buat time-killing?, di sela-sela menunggu flight saya ngerjain Mock Lab Troubleshooting, dan nggak selesai dalam waktu 2 jam, hehe. Flight yang cukup smooth, mau tidur dipesawat nggak bisa-bisa akhirnya saya lanjut ngerjain Mock Lab yang nggak selesai tadi di tengah-tengah penerbangan, dan sama, ternyata mentok di Tiket MPLS VPN, selalu saja ada yang kurang rupanya. Sampailah jam 5.30 landing di HKG, langsung saya shalat subuh setelah mendarat di ruang tunggu sebelum imigrasi🙂, setelah luggage claim baru saya nyari-nyari alamat apartemen yang dituju, di daerah Causeway Bay, tempatnya mbak bella. Semilir angin pagi hongkong yang dingin langsung menyambut ketika keluar airport menuju tempat nunggu bis, setelah 15 menitan menunggu datanglah bus E11 yang akan membawa saya ke tengah kota.

bus

Tempat nunggu bus E11

Ada 3 cara dari bandara menuju kota, dengan MTR, Bus dan Taxi, Cheapest way pastinya dengan bus, bus juga ada 2 jenis A21 dan E11, saya naik yang E11, tarifnya cuma 21HKD atau sekitar 25 ribu rupiah saja. Perjalanan ke hongkong pertamakali saya menggunaakan MTR untuk mencapai tengah kota, itu tarifnya 120HKD (145 ribu), makanya sekarang saya mau coba naik bus deh. Setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam saya turun di Hennesy Road Causewaybay kemudian dijemput oleh salah seorang pengelola flat yang kami sewa, sampai saat ini saya masih sendirian, karena ketiga kawan lainnya datang esok harinya, jadi check in duluan

flat

Suasana Apartemen

Foto lain apartemen : https://www.facebook.com/media/set/?set=a.106948432810299.13012.100004854275110&type=1

Hari pertama di hongkong, diisi dengan beristirahat, sedikit review konfigurasi dan troubleshooting, sekitar jam 11 saya cari makan terdekat dari apartemen, ketemunya McD, haha, malamnya saya coba makan di restoran sedap gurih yang rupanya lumayan dekat dari apartemen, saya nyobain Ayam penyetnya, lumayan mahal, sekitar 70 ribuan jika dirupiahkan😀. Paginya setelah solat subuh dan review-review sedikit saya langsung cari sarapan, pilihannya di warung chandra lokasinya sebrangnya warung sedap gurih tadi, nyobain soto ayam dan jus jeruknya, total 70 ribuan juga, mahil!, haha. Kalo kita nginep di daerah Causeway Bay atau wanchai memang nggak perlu kuatir nyasar, terkenal dengan kampungnya TKW Indonesia, kalo nyasar dan lagi suntuk, pasti ada aja TKW lewat sambil ngomong bahasa jawa yang ngapak!, bikin kita langsung ngerasa familiar disini.

Hari berikutnya kawan berdatangan, Pak Eddy dan Istri, Om Joe datang siang hari setelah dhuhur, sedangkan Kunnang datang malamnya sekitar jam 9. Setlah Pak Eddy dan Joe datang kami langsung survey ke tempat ujian. Dari lokasi kami menginap hanya berjarak 1 stasiun MTR yaitu Causeway Bay ke Wanchai, sekitar 1 km atau 15 menit ditempuh dengan jalan kaki.

map

Rute dari Apartemen (A) ke Lokasi Ujian (B)

Turun MTR di wanchai kita langsung ambil exit yang menuju Hongkong Convention center, ini adalah tempat yang pernah saya kunjungi 2011 ketika mengikuti APNIC Conference, ternyata gedung cisconya hampir bersebelahan, setelah tanya resepsionis, ketemu juga gedungnya, Great Eagle Center

Gedung Great Eagle Center

Gedungnya sepi, dan lebih terlihat seperti pusat perbelanjaan, kalo kita datang dari MTR kita masuk dari lantai 2 dan harus turun ke Ground untuk mencapai lift yang bisa ke lantai 31 Cisco, jika ditempuh dengan MTR bisa 30 menit karena 15 menit waktu kita mencapai stasiun, dan 5 menit jalan kaki, setelah survey selesai kami langsung pulang, mampir lagi ke warung makan Indonesia di sekitaran causeway bay.

Hari H Ujian

Sampai apartemen sekitar magrib, setelah beres-beres seperlunya langsung kita telp pengelola apartemen untuk memesan sarapan pagi untuk delivery esok hari sebagai sarapan🙂, nice service dari mbak Bella, kita tidak perlu cari makan pagi buat mengisi perut sebelum ujian😉

Setelah magrib, saya coba review sedikit materi yang belum saya kuasai sepenuhnya, terutama section advanced ip services yang memang jarang sekali digunakan dalam pekerjaan. Sambil mengerjakan task, sambil berdiskusi dengan kawan belajar yang ujian bareng besok, yaitu Pak Eddy dan Joe😀, selesai jam 9.30 malam, saya pamit untuk istirahat sedangkan Pak Eddy lanjut belajar hingga malam.

Sebulan kemarin jam biologis tidur saya sudah bergeser, pagi tidur sampai sore, malam hingga subuh belajar, terus berlangsung hingga 30 hari dan masih berlangsung hingga sehari menjelang ujian, akibatnya di malam itu saya sangat susah sekali untuk memejamkan mata!, bukan insomnia, karena tubuh saya merasa, ini waktunya saya bangun, bukan tidur, akibat kebiasaan yang terbentuk selama 30 hari kebelakang. Saya coba paksakan memejamkan mata tapi sangat sulit!, jam demi jam berlalu, tau-tau sudah jam 4 pagi dan saya belum tertidur!, setelah itu baru tertidur dan langsung terbangun jam 5.30 pagi untuk solat subuh, yang bangunin saya Pak Eddy dari Indosat😀. Kepala terasa sangat pusing pagi itu, setelah sarapan nasi goreng dari mbak bella seharga 30HKD😀, saya langsung ambil painkiller untuk mengurangi pusing.

Setelah sarapan dan bersiap-siap, we’re ready to go, this is our day!, apakah hari ini kita akan pulang mendapatkan nomor atau mendapatkan senyum dari proctor saja, hari ini akan ditentukan. Start dari apartemen jam 7.00 pagi, kita pilih naik taksi agar kondisi badan tetap fit ketika sampai tempat ujian, kalo naik MRT banyak naik tangga dan jalan, takutnya ngos-ngosan ketika ujian, hahaha. Sampai di kantor cisco sekitar 7.20, lumayan cepet dan tarif taksinya cuma kena tarif buka pintu 20HKD, sekitar 25 ribu.

Ujian masih jam 8.00, masih ada 40 menit kita menunggu, kita pilih tempat nunggu di pelataran Pizza Hut delivery disamping gedung yang kebetulan pagi itu belum buka, saya baca-baca skimming materi yang kira-kira perlu dibaca, sambil bbm dan sms orangtua, dan kolega di jakarta agar didoakan🙂

Jam 7.50 kita naik keatas, lantai 31 menuju kantor Cisco, begitu sampai lantai 31, kami lapor ke resepsionis bilang mau ujian CCIE, ternyata sudah disiapkan badge untuk CCIE test taker pada hari itu yang harus selalu dipakai.

IMG-20130424-00831

CCIE Guest Badge

Kami menunggu di ruang tunggu, selama beberapa menit, kemudian beberapa candidate datang, mostly dari cina daratan, dan ada 1 orang perempuan mengambil track Voice, total ada 9 orang yang ujian hari itu. Jam 8.00 kemudian Proctor kami Bruce Yim, datang untuk menjemput kami, turun ke lantai 29, ternyata ujiannya di lantai 29. Kami digiring ke Pantry untuk kemudian ditanya passport dan di scan body temperaturenya karena saat itu sedang wabah flu burung di Hongkong.

“Ok, all of you is passed”, kata Bruce, wah kok blom ujian udah passed aja, bercanda dia, ternyata passed ujian body temperature tadi😀, setelah itu kami masuk ke ruangan lab CCIE, ruangannya biasa, seperti ruangan lab komputer di kampus dulu, dan mirip seperti ruangan cubicle kerja.

Kami dipanggil satu-satu untuk menempati meja yang sudah ditentukan berikut nomor rack nya, saya kebagian Rack 33 dan duduk di barisan kedua paling kiri, sebelah saya pak Eddy. Bruce kemudian menjelaskan ala kadarnya tentang ujian CCIE dan saya tidak begitu menyimaknya haha, intinya semua petunjuk ada di kertas di samping kalian, dan kalo butuh call saya silahkan pake nomor ini dan pake telp ini, kira-kira begitu.

Di meja ujian ada tempat pensil berisi beberapa pensil berwarna dan pulpen, ada 3 lembar kertas, 1 lembar kertas berisi petunjuk login dengan username email, dan 2 kertas kosong untuk doodling para peserta.

Ujian dimulai tepat pukul 8.12, Ujian CCIE ini akan berlangsung 8 jam dan ada 2 sesi, sesi troubleshooting dan sesi konfigurasi, troubleshooting alokasi waktunya 2 jam, dan sisanya untuk konfigurasi. Setelah memasukkan username dan password muncullah jendela troubleshooting, terlihat puluhan router, sekitar 35-40 router kayaknya dan ada 4-5 switch, WOW, kemudian saya klik all question untuk melihat ada berapa question yang ada, ternyata ada 10 question yang melibatkan seluruh router di situ, ada 10 pertanyaan dalam waktu 120 menit, berarti 1 tiket at worst harus selesai dalam waktu 12 menit!, saya langsung mulai mengerjakan secepat mungkin.

Saya mulai mengerjakan satu persatu tiket troubleshooting, tiket pertama saya sudah mengalami kesulitan, yaitu frame-relay, saya sudah mencermati line perline dan sudah melakukan perubahan agar tiket ini solve, no luck!, setelah 15 menit akhirnya saya putuskan masuk ke tiket kedua tanpa berhasil men-solve tiket pertama, tiket ke dua ini ada wan technologies nya juga dan ada routing protocolnya juga, bad luck juga, setelah 10 menit saya kembali gagal men solve tiket ini!

Panik!, sudah 25 menit berlalu dan saya belum bisa mengerjakan satu tiket pun dari seharusnya sudah 2 tiket jika sesuai alokasi waktu, 25 menit pertama saya lalui dengan sangat nervous dan sport jantung!, jantung berdebar hebat sangat tegang!, seperti naik roller coaster.

Kemudian saya skip tiket kedua, masuk tiket ketiga dan Alhamdulillah, 5 menit sudah solve, saya berhenti sejenak dan bertanya ke diri sendiri, saya ini kenapa?, kok bisa seperti ini?, sudah jauh-jauh datang masak mau fail gitu aja?, saya buka kacamata saya, posisi duduk sedikit dibuat rileks, dan bangku agak dimundurin, terbukti membuat saya lebih rileks dan siap men-solve tiket berikutnya🙂

Alhamdulillah, tiket-tiket berikutnya tanpa ada hambatan signifikan, bahkan tiket tersusahnya Inter Domain Multicast, saya bisa solve dalam waktu yang cepat, setelah selesai tiket 10, saya balik lagi ke tiket 1 dan 2, dan, ternyata ketemu salahnya, setelah saya lebih rileks🙂

90 menit berlalu dan saya sudah cek 2x back to back dari tiket 1 sampai 10 sudah selesai solved sesuai permintaan soal, meski ada beberapa tiket yang saya yakin hilang point gara-gara melanggar restriction😦, kemudian saya klik end session untuk langsung masuk sesi konfigurasi, di sesi konfigurasi ini saya juga mengalami kesulitan, ada beberapa lupa command, sehingga harus lihat doc cd, dan salah satu router yang restart ketika 15 menit sebelum ujian karena terlalu banyak service disitu😦

Sekitar jam 1.00 siang kita break lunch sampai jam 1.20, dikasih makan nasi sama ayam dengan kuah nggak jelas gitu deh, saya nggak terlalu menikmati lunch saya, asal memberi asupan kalori saja agar tetap bisa berfikir jernih😀, tidak ada interaksi sama sekali dengan peserta ujian ketika lunch karena proctor terus mengawasi, setelah makan, minum, langsung masuk ruang ujian lagi!.

Setiap saya selesai per section, saya verifikasi apakah sesuai yang diminta, dan setelah selesai semua saya verifikasi ulang dari awal sampai akhir, setidaknya ada 4x looping verifikasi end to end dari section 1 hingga section 5, dan setiap saya melakukan verifikasi, saya selalu menemukan kesalahan konfigurasi yang bisa berakibat fatal dan bikin gak lulus!, setelah verifikasi ke 4 selesai, waktu habis!, dan proctor nyuruh kita save konfigurasi sebelum end-session. Saat itu saya berfikir jika ada waktu lebih dan ada kesempatan verifikasi lagi, pasti bakal nemu kesalahan lagi, at this point i feel away from perfection, dan yakin masih ada yang salah tapi belum sempat memperbaiki😦

Tepat jam 16.32 ujian berakhir, dan kita langsung meninggalkan ruangan. Lemes, ngantuk, pusing, perasaan gak karuan setelah ujian, saya nggak terlalu optimis dan nggak terlalu pesimis apakah lulus apa nggak, memang skor yang dibutuhkan cuma 80% untuk pass, dan ini ujian saya yang pertama kali, jadi kalo gagal pun nggak papa lah, hanya 3–5% orang yang lulus di kesempatan pertama.

Setelah Ujian

Setelah keluar ruangan kami langsung menuju apartemen naik MTR turun stasiun Causeway Bay, masih sempat solat ashar di apartemen, kemudian kami langsung lanjut jalan menuju Avenue of The Star , dari Cause Way bay kami transit di Admiralty untuk transit ke Tsim Sha Tsui, dari situ jalan untuk mencapai Avenue of the Star.

Stasiun Tsim Sha Tsui dan East Tsim Sha Tsui terhubung tunnel yang terdapat banyak toko, dan ruang pamer, sangat menarik🙂. Tepat jam 17.37, kira-kira 1 jam setelah ujian, di tengah perjalanan menuju East Tsim Sha Tsui, ada email masuk dari cisco yang bilang kalo score report ujian sudah keluar dan bisa dilihat di portal CCIE!!

Screen_20130508_075252

CCie Lab Score Report

WAH!, super deg-degan banget mau buka link itu, setelah saya buka dan………… ternyata harus masukin cisco id dulu, itu lupa, haha. Ternyata di dompet ada kartu CCIP disitu ada cisco id saya, dan bisa buka link itu deh.

Setelah dibuka muncul ini…

Screen_20130424_185653

CCIE #39090

Alhamdulillah, ternyata saya lulus!, speechless banget setelah liat layar hp yang berisi score report, saya tidak bisa berkata apa-apa ketika kawan menanyakan, bener-bener speechless!, langsung saya kabari orang-tua, kolega, dan kawan di jakarta tentang berita kelulusan ini🙂

Bahkan INE pun memberi selamat di twitter

feb

Congratulations from INE

Alhamdulillah, tak henti-hentinya saya mengucap syukur karena saya bisa lulus CCIE di kesempatan pertama, ini tidak mungkin dicapai tanpa doa dan dukungan dari orang-tua, mentor, kolega, dan kawan seperjuangan, perjuangan belajar mulai dari akhir september hingga sebelum ujian terbayar sudah🙂.

Terimakasih kepada Mentor saya, Mas Dedi, Om Johan Eko, Om Ary,Pak Tonka, Dili, Ario, Kunnang, Dhanang dan kawan-kawan belajar di Gambir, Mangampu, Ricky, Chris, Jaka, Sahaja, Yordan, Hendro, teman belajar bootcamp dan teman-teman IDN, dan kawan-kawan lain, terimakasih doanya😀

The journey is about to begin, this is where all begin..

Categories: Life.. oh Life.. | 3 Comments

Post navigation

3 thoughts on “Getting #39090 part 3 (end)

1. two thumbs up untuk mas Febrian bisa lulus 1st attempt. Selamat🙂
    Allah Maha Penyayang umatnya melalui telpon CS garuda.

2. adii

TOP BGT, inspiratif.

3. sangat membantu dan berguna sharing pengalamanya bagi ccie candidate lainnya.
    sy berharap dapat segera mengikuti jejaknya. Dan jika tidak keberatan dpat menimba lebih banyak lagi terkait materi dan bahan2 yg pernah didapat dan pelajari.